assalamualaikum wr.wb. pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tentang ghibah.

MENYINGKAP VIRUS GHIBAH

Ghibah dalam bahasa trend saat ini, orang menyebutnya dengan “gosip”. Gosip berasal dari bahasa inggris dari kata “gossip” artinya gunjing, kabar angin, dan buah mulut. Jadi orang yang melakukan gosip berarti menggunjing, atau menyebarkan kabar angin, yakni suatu aktivitas menyebarkan atau menceritakan sesuatu yang ada pada diri seseorang kepada orang lain, ketika seseorang tadi itu tidak ada ditempat yang sama.

Semakin hari, acara gosip di TV dan di majalah-majalah kacangan semakin marak. Mulai dari acara Cek and ricek, Kiss dan acara semisalnya. Belum lagi rubrik gosip di majalah Nyata, Bintang, X-File dan lainnya telah menjadi sajian menarik masyarakat. Sayangnya mereka tak paham hakikat gosip yang sebenarnya ghibah tersebut. Maka tak heran budaya iblis itu kini ngetrend dikalangan ibu-ibu, remaja maupun mahasiswi ketika ngerumpi di pagi, siang dan malam hari. Bahkan, mereka betah berjam-jam mengghibah orang lain tanpa menyadari bahwa sebenarnya telah memakan bangkai saudaranya sendiri.

Saudaraku tercinta.. adakah yang lebih berbahaya daripada lidah pengghibah yang membunuh karakter saudaranya? Adakah yang lebih hina daripada memakan daging bangkai saudaranya? Jika hewan tak berakal saja tak pernah ada yang memakan bangkai saudaranya, lantas kenapa manusia yang katanya berhati mulia tega memakan bangkai saudaranya?!

Sungguh hanya orang yang dirohmati Alloh Subhanahu Wata’ala yang dijaga lisannya dari mengghibahi saudaranya. Semoga Alloh Subhanahu Wata’ala senantiasa merohmati kita dan menjaga lisan kita dari ghibah yang amat tercela. Hanya kepada Alloh Subhanahu Wata’ala kita memohon pertolonganNya.