THE SMUGGLER

By : Piers Plowright

Novel ini menceritakan tentang dua  genk penyelundup yang ingin mendapatkan kepala emas. Dua genk ini adalah Harker genk dan Ezra genk. Harker adalah orang kaya, ketika dia diam di mejankya dia menulis puisi tentang dirinya. Ketika dia sedang menulis, datang 3 orang kerumahnya dengan membawa senjata. Dan orang itu ternyata Ezra, yang kemudian mengambil puisinya Harker.

Inspektur Roland menyuruh petugas bea cukai (Rank dan Silver) mengamati dan mencari mobilnya Fame. Rank dan Silver bertemu dengan Fame diperbatasan, dan kemudian memeriksa mobilnya. Namun di mobilnya tidak ditemukan barang-barang yang membahayakan. Fame pun dibiarkan untuk melanjutkan perjalanannya. Fame mengendarai mobil dengan cepat sepanjang jalan, karena dia punya janji dengan Harker, dan tidak boleh telat. Dan ketika dia sampai dirumahnya Harker, ternyata disitu tidak ada siapa-siapa. Fame pun mencari-cari Harker, kemudian dia melihat ada orang yang menggantung dilangit-langit rumah dengan diikat oleh tali. Ternyata orang itu adalah Harker, dia tidak mengerti mengapa Harker bunuh diri. Setelah itu tanpa diduga , dia mendengar suara dari luar, kemudian dia berjalan ke mobilnya. Mereka mencoba menembak dia, tapi dia bisa melarikan diri. Fame berkendara menuju kota Darna. Ketika dia berda dikamarnya, ia berpikir tentang Harker. Mungkin dia dibunuh oleh orang yang sama yang mencoba menembak saya tadi. Dia menelepon Zara dan mengatakan kepadanya bahwaHarker telah mati, dia bertanya apakah ia ingin memiliki janji dengan dia. Setelah menerima telepon, dia mendengar diradio bahwa kepala emas dicuri dari museum. Dan Inspektur Roland mencari itu.

Dihari berikutnya, Fame membuat salinan puisi itu. Setelah itu Zara datang dan mengatakan kepadanya bahwa dia adalah bos sekarang. Fame memutuskan pergi ke Don, dalam perjalanan ke Don, dia mellihat Zara. Dia diculik oleh seorang pria botak dan dia juga yang mencuri puisi itu. Mereka bersama-sama pergi ke Don, dan mengatakan bahwa Harker telah mati. Tanpa di duga polisi masuk, dan ternyata itu adalah Inspektur Roland. Polisi mengamati rumah, tapi mereka tidak menemukan apa-apa, kemudian polisi memutuskan untuk memeriksa mobil. Dan didalamnya ada Fame, dia pun mendapat pukulan dari Inspektur Roland. Inspektur mengatakan kepadanya bahwa dia mencari kepada emas yang dicuri dan kalian adalah pencurinya. Inspektur tidak tahu bahwa Harker sudah mati, sehingga Fame mengatakan akan mencari Harker dan menggunakan Don sebagai pemilik. Kemudian mereka pergi dan makan. Ketika selesai makan mereka melihat mobil orang Amerika. Didalam ada 3 pria, kemudian mereka mengikuti mobil itu ke Hotel Imperial.

Fame mengikuti ke perbatasan, dan disana mobilnya diperiksa oleh petugas. Tapi mereka tidak menemukan apa-apa dimobilnya. Lalu dia menuju ke Darna, tapi dalam perjalanan ia disergap oleh Ezra. Ezra membawa dia ke sebuah tempat perlindungan. Ezra menanyakan kepala emas kepada Fame, tapi Fame tidak tahu dimana. Kemudian Ezra menceritakan kepada dia, sebenarnya Ezra ingin mencuri kepala emas itu bersam-sama, tapi Harker telah melakukannya sendiri. Lalu mereka memukuli Fame dan melemparkan dia ke ruang bawah tanah. Tapi fame bisa melarikan diri dengan mobilnya, dan mereka pun mengejar Fame. Tanpa disadari Fame menuju kantor polisi, sesampainya disana dia ditanya oleh Inspektur. Lalu dia menceritakan bahwa Ezra dan anak buahnya telah membunuh Harker dan mereka ingin mencuri kepala emas. Lalu Inspektur menunjukan kepadanya selembar selembar kertas, dan itu adalah puisi Ezra yang diberikan padanya.

Fame, Zara, dan Don berada di satu ruangan, dan memiliki satu malam untuk memecahkan kode puisi itu. Mereka memiliki kode puisi itu, kodenya adalah Golabridge. Karena mereka tidak ingin polisi mendapatkan kode itu, mereka memukul polisi dan melarikan diri. Mereka pergi ke jembatan, tapi Fame tidak berpikir bersembunyi dijembatan. Mereka membaca petunjuk dalam puisi itu, dan merekapun menemukan kepala emas itu. Mereka ingin membawanya ke polisi, tapi ketika berjalan menuju mobil, Ezra dan anak buahnya sudah menunggu dengan membawa senjata. Ezra ingin kepala emas, dan kepala emas pun diambilnya. Ezra mengancam merek harus pergi kedalam mobil untuk mengarahkan ke sungai. Tanpa diduga, Ezra menembak dan Fame, Zara, dan Don melarikan diri.

5 tahun kemudian, ketika Inspektur sedang berlibur, suatu malam ketika sedang di cafe, dia bertemu dengan Fame dan Zara. Mereka mengobrol lama sekali, Inspektur Roland menceritakan kepada mereka tentang kepala emas yang sekarang aman di Museum Darna. Dan tentang anak buahnya Ezra yang dipenjara. Sedangkan Fame dan Zara menceritakan tentang pernikahan mereka. Ketika Fame dan Zara akan pergi, Inspektur Roland menanyakan 1 pertanyaan. Apakah kamu seorang penyelundup, ketika bekerja untuk Harker?. Kemudian mereka menjawab “kami menyelundupkan mobil, kemudian menjualnya dengan harga yang mahal, dan tidak membayar pajak. Kemudian Inspektur Roland tersenyum, dan mengatakan itu semua adalah masa lalu. Fame dan Zara pun pergi.