Assalamu alaikum.. wr.wb

sudah lama tidak coret coret disini, dikarnakan aktivitas yang padat. alhamdulillah pada kesempatan ini blogger akan sharing mengenai KOP SURAT.

Dalam penulisan surat resmi, keberadaan kop surat atau kepala surat sangat penting. Terteranya kop surat pada surat resmi menunjukkan dari instasi atau lembaga mana surat tersebut berasal. Nah, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan mencoba menghadirkan sebuah penjelasan mengenai contoh dan pembatan kop surat. Semoga bisa bermanfaat. Check this out!!!

kop_surat     Kehadiran kop surat pada surat resmi menagaskan surat tersebut memang resmi dikeluarkan oleh perusahaan, lembaga, atau instasi yang mengeluarkan surat tersebut. Penerima surat yang menyertakan kop surat tersebut pun tahu, bahwa surat yang diterima bersumber dari perusahaan, lembaga, atau instasi. Pencantuman kop surat pada surat resmi terhitung wajib dan menjadi ciri khas dari surat resmi.

         Dalam kop surat, setidakna memiliki 5 bagian yang harus dimuat agar penermia surat bisa mengetahui asal surat yang diterima dengan jelas. Kelima bagian dalam kop surat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Nama perusahaan/lembaga/instansi
  2. Alamat perusaan/lembaga/instansi
  3. No telepon, fax, dan email
  4. Kode pos
  5. Logo perusahaan/lembaga/instansi

Tidak semua kop surat mencantumkan ke lima bagian tersebut di atas. Ada beberapa misalkan tidak mencantumkan no fax atau alamat email dengan alasan belum punya atau sebagianya. Penulisan nama perusahaan/lembaga/instansi pada kop surat biasana menggunakan huruf kapitl yang diperbesar dan dipertebal. Sedangkan penulisan alamat perusahaan/lembaga/instansi, no telepon, fax, dan alamat email serta kode pos biasana ditulis kapital hanya huruf depannya saja. Ukurannya juga lebih kecil dari ukuran tulisan nama perusahaan/lembaga/instansi serta tidak dipertebal.

Pemberian logo perusahaan/lembaga/instasnsi ditujukan untuk menunjukan keresmian surat tersebut. Ketika surat resmi tidak tercantum logo dari suatu perusahaan/lembaga/instansi terkait dipandang kurang formal. Penempatan logo perusahaan/lembaga/instansi tersebut biasanya di samping kiri, tetapi ada beberapa juga yang meletakannya ditengah (di atas nama perusahaan/lembaga/instansi) dan di samping kiri.

Penulisan kop surat biasanya menggunakan rata tengah, tetapi itu tidak diwajibkan. Ada juga beberapa surat resmi yang menuliskan bagian-bagan kop suratnya dengan rata kiri atau pun rata kanan.

contoh kop surat klik disini

demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan.

terimakasih.

wasalamu alaikum wr.wb